gambar teknik dasar permainan pencak silat

Teknik Dasar Permainan Pencak Silat Yang Jarang Diketahui!!

Teknik dasar pencak silat merupakan hal utama yang harus dikuasai oleh anda yang ingin menggeluti dunia pencak silat. Olahraga pencak silat merupakan salah satu olahraga karya asli Indonesia sejak jaman kerajaan dahulu.

ilmu kanuragan jawa

Dijaman kerajaan dulu para prajurit bahkan para petinggi kerajaan di Indonesia memang terkenal memiliki kemampuan kanuragan yang ada dalam pencak silat. Bahkan ada beberapa tokoh terkenal jaman kerajaan yang melegenda memiliki kesaktian bukan hanya di Indonesia bahkan dunia internasional.

Kerajaan-kerajaan di Indonesia menjadi disegani karena keunggulan mereka memiliki kesaktian dan pengetahuan luar biasa dalam penyempurnaan hidup. Seiring perkembangan jaman kemampuan kanuragan dan pengetahuan itu sudah mulai hilang. Bahkan sudah dianggap sebagai budaya dan olahraga sebagai pencak silat.

Sejarah pencak silat

teknik dasar pencak silat murni
from wikipedia

Seiring perjalanan seni silat ini dikembangkan dengan berdirinya organisasi IPSI. Organisasi ini mengatur segala sesuatu tentang olahraga pencak silat. Dari organisasi IPSI inilah pencak silat berkembang sampai ke mancanegara.

Perkembangan pencak silat ini sudah sampai keluar Negara seperti singapura, Malaysia dan brunei Darussalam. Bahkan mereka sudah membentuk organisasi pencak silat dunia yakni PERSILAT. Yang awal mula hanya empat Negara mengembangkan pencak silat menjadi banyak Negara yang ingin bergabung ke PERSILAT. Bahkan olahraga pencak silat sudah menjadi salah satu cabang olahraga di ajang Asian Games.

Pengertian dan macam teknik dasar pencak silat

Pencak silat ini dari 2 kata pencak dan silat. Untuk pencak merupakan gerakan dasar beladiri, sedangkan silat gerakan kerohanian. Sejalan perkembangan olahraga pencak silat ini lebih mengandalkan unsur keindahan gerakan.

Tidak seperti olahraga lainnya yang tidak memiliki resiko yang tinggi dibanding pencak silat seperti voli, sepakbola, renang, basket dan lainnya.

Bukan hanya sebagai budaya dan olahraga saja, bahwa seni pencak silat ini dapat bermanfaat sebagai pertahanan diri terhadap orang yang jahat. Bagi anda seorang pemula untuk mempelajari seni pencak silat ini harus menguasai teknik dasar pencak silat itu sendiri antara lain kuda-kuda, sikap pasang, arah, pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan, hindaran, kuncian dan kembangan.

Teknik kuda-kuda

Posisi yang paling dasar dari semua teknik pencak silat yaitu kuda-kuda. Teknik kuda-kuda ini dilakukan dengan kedua kaki menapak di tanah dengan posisi berdiri. Kemampuan kuda-kuda ini dilatih untuk memperkokoh tubuh agar tidak mudah dijatuhkan oleh lawan.

teknik kuda-kuda

Sikap kuda-kuda dalam pencak silat ini ada 3 yakni :

  • Kuda-kuda depan

Posisi kuda-kuda depan dilakukan dengan posisi salah satu kaki maju kedepan dengan ditekuk. Untuk kaki satunya dimundurkan ke belakang dengan posisi lurus. Posisi badan menghadap kearah samping sesuai kaki yang ditekuk

  • Kuda-kuda belakang

Posisi kaki untuk kuda-kuda belakang yaitu dengan meluruskan memundurkan sedikit salah satu kaki ke belakang dengan ditekuk. Kaki satunya posisi tetap dengan diluruskan mengikuti kaki yang ditekuk. Arah badan menghadap samping kaki yang ditekuk.

  • Kuda-kuda samping

Posisi kuda-kuda samping dengan menapakkan kedua kaki dengan di tekuk keduanya. Arah badan menghadap ke depan lurus.

  • Kuda-kuda silang

Posisi kuda-kuda silang dengan menyilangkan kaki kiri ke belakang kaki kanan atau sebaliknya menyilangkan kaki kanan ke belakang kaki kiri

Teknik sikap pasang

teknik sikap pasang

Teknik sikap pasang dilakukan seorang pesilat jika hendak melakukan pertarungan. Posisi ini merupakan sebuah pola gerakan persiapan dengan mengikuti pola perubahan lawan. Teknik Sikap ini dapat dilakukan dengan 3 gerakan yakni :

  • Sikap pasang bagian atas

Sikap pasang atas ini dengan membuat posisi kedua tangan terbuka berada disamping sejajar bahu. Posisi badang menghadap ke samping sesuai arah lawan.

  • Sikap pasang tengah

Posisi sikap pasang tengah ini dengan membuat kedua tangan menggenggam di pinggang. Posisi badan menghadap ke depan lurus arah lawan

  • Sikap pasang bawah

Sikap pasang bawah ini dengan menarik tangan sebelah kiri ke arah pinggang dan tangan kanan diangkat terbuka sejajar dengan mata.

Teknik pukulan

teknik pukulan

Teknik pukulan ini digunakan untuk melakukan perlawanan dengan menggunakan lengan dan kepalan tangan. Cara melakukan pukulan dapat dilakukan dengan melakukan seperti berikut :

  • Pukulan lurus

Melakukan pukulan dengan salah satu tangan mengepal lurus ke depan arah kepala lawan. Tangah satunya ditarik ke arah pinggang untuk sikap posisi bertahan atau mengulang pukulan kebalikan.

  • Pukulan bandul

Dengan melambungkan layangan kepalan tangan kanan ke arah hati lawan. Untuk tangan satunya menutup pukulan dari lawan.

  • Pukulan tegak

Pukulan ini dilakukan ketika posisi tubuh antara kita dan lawan berhadapan. Posisi yang diserang ke lawan adalah arah bahu lawan.

  • Pukulan melingkar

Seni pukulan melingkar ini memang unik dengan mengayunkan salah satu tangan dengan kepalan ke arah pinggang lawan. Pukulan ini dilakukan dengan cara lewat samping pinggang lawan.

Teknik tendangan

Salah satu teknik yang menjadi andalan para pesilat yakni teknik tendangan. Untuk melakukan tendangan tidak boleh sembarangan melakukannya tanpa berlatih. Bukan hanya tendangan itu akan di telak lawan, malah dapat menghantam balik jika lawan memiliki kuda-kuda dan badan yang kuat. Oleh karena itu sebelum melakukan tendangan berlatihlah teknik tendangan ini dengan ahlinya. Beberapa teknik tendangan antara lain :

tendangan melingkar dan tendangan lurus

  • Tendangn lurus

Melakukan tendangan dengan mengayunkan kaki ke arah lurus depan sejajar dengan bahu. Posisi tangan berada tepat di depan dada agar seimbang

  • Tendangan melingkar

Cara Melakukan Tendangan ini dengan hentakan kaki ke arah musuh dengan menggunakan tumit kaki.

tendangan T dan tendangan samping

  • Tendangan T

Anda dapat melakukan tendangan T ini dengan posisi kaki menendang dari samping terus lurus ke  depan.  Tangan tetap di depan dada biar seimbang.

  • Tendangan samping

Tendangan dengan menggunakan punggung kaki ke arah menyamping lawan. Kedua tangan berada di dada.

Teknik tangkisan dalm pencak silat

teknik tangkisan

Melakukan tangkisan terhadap serangan lawan sangat diperlukan dalam teknik dasar pencak silat. Menghalau serangan lawan dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

  • Tangkisan dalam

Model tangkisan dalam ini menggunakan kanan tangan mengepal yang diarahkan dari arah samping ke tengah dada sejajar bahu.

  • Tangkisan luar

Teknik ini kebalikan dari tangkisan dalam, dimana melakukan tangkisan dengan salah satu tangan mengepal yang di ayunkan dari arah dalam ke luar sejajar bahu

  • Tangkisan atas

Metode menggunakan tangkisan ini digunakan untuk melindungi bagian atas dari serangan lawan. Cara melakukan tangkisan atas dengan mengayunkan tangan dari arah bawah ke atas sampai di atas kepala

  • Tangkisan bawah

Jenis tangkisan bawah kebalikan dari tangkisan atas. Biasanya untuk menangkis serangan tendangan kaki lawan. Cara melakukan tangkisan bawah dengan mengayunkan tangan dari atas bahu ke bagian bawah sejajar paha

Teknik guntingan dalam pencak silat

teknik guntingan dalam pencak silat

Melakukan teknik guntingan biasa dilakukan untuk melumpuhkan kuda-kuda lawan. Kebanyakan teknik guntingan ini lebih menggunakan kedua kaki dengan melakukan silang kaki. Arahkan kedua kaki lurus ke dalam bagian bawah kaki lawan, kemudian hentakkan kaki secara menyilang.

Teknik hindaran pencak silat

Penguasaan teknik hindaran dalam yang kurang mendalam akan dapat berakibat fatal bagi pesilat. Kebanyakan pesilat hanya lebih banyak melakukan serangan, padahal penguasaan teknik hindaran itu sama pentingnya. Ada beberapa teknik hindaran yang mesti dikuasai oleh para pesilat antara lain :

teknik kuncian dalam pencak silat

  • Hindaran / elakan menghadap

Teknik hindaran ini mungkin membutuhkan keberanian dan kecepatan yang tinggi. Cara melakukan teknik hindaran menghadap dengan memposisikan badan kita langsung mendekat dan berhadapan dengan badan lawan

  • Hindaran / elakan merunduk

Hindaran merunduk dilakukan untuk menghindari serangan bagian kepala. Dengan menggunakan kesempatan hindaran merunduk ini pesilat dapat melakukan serangan balik secara tiba-tiba kepada lawan

  • Hindaran / elakan melangkah

teknik hindaran langkah

Sesuai dengan namanya hindaran melangkah ini dengan melakukan langkahan kaki ke arah kanan, kiri, depan dan belakang

  • Hindaran dengan lompatan

Hindaran lompatan tentu dengan melakukan lompatan sesuai perkiraan untuk menghindari serangan lawan ke bagian bawah pesilat.

  • Elakan menggunakan kaki menyilang

Ada juga lawan yang melakukan serangan kaki dengan menginjak kaki maupun mematahkan kaki bagian bawah. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan hindaran kaki menyilang yang dilakukan dengan memindah-mindah kaki

  • Hindaran / elakan rebahan

Menjatuhkan diri di lantai merupakan cara melakukan teknik hindaran rebahan. Namun hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Proses melakukan teknik rebahan ini dengan menjatuhkan badan ke lantai langsung dapat berdiri.

Teknik kuncian dalam pencak silat

teknik kuncian dalam pencak silat

Agar lawan tidak dapat bergerak bebas, pesilat dapat melakukan kuncian terhadap lawan baik terhadap badannya maupun senjata yang digunakannya. Teknik kuncian ini biasanya mengincar bagian lengan, leher, dagu dan bahu lawan

Semoga pengetahuan tentang teknik dasar pencak silat ini dapat memberikan referensi buat anda baik yang mendalami tentang pencak silat maupun hanya sekedara mencari informasi tentang dasar pencak silat.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *