kelebihan dan kekurangan topologi jaringan ring

Topologi jaringan ring : pengertian, gambar, kelebihan dan kekurangannya

Pengertian topologi jaringan ring

gambar topologi jaringan ring

Jenis topologi ring ini merupakan bentuk jaringan komputer yang menyerupai cincin. Ini berarti transfer data dilakukan secara memutar dalam jaringan. Bisa dibilang setiap komputer itu bertindak sebagai repeater dalam jaringan tersebut.

Saat ada komputer yang melakukan transfer data ke komputer sebelahnya, maka komputer yang kedua itu sebagai komputer penguat sinyal. Untuk komputer yang kedua saat mengirim data ke komputer yang ketiga disebelahnya, maka komputer kedua memperkuat sinyal tersebut sebelum dikirim ke komputer ketiga.

Jika dilhat dari bentuk jaringan ring ini penggunaan kabel dapat diminimalisir. Jaringan ring ini banyak menggunakan kabel coaxial seperti kabel antena televise. Konektor yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer yakni konektor BNC.

Tiap unit komputer dalam jaringan ini memang terhubung secara langsung dengan komputer yang dekat maupun jauh. Kemampuan inilah yang membuat jaringan ring mudah untuk melakukan switching ke komputer yang lain.

Gambaran fungsi dan Cara Kerja Topologi Jaringan Ring

model topologi jaringan ring

Memiliki bentuk yang mirip dengan cincin membuat jaringan ring ini memiliki keunikan tersendiri. Ketika satu komputer mengirimkan data, namun jika data tersebut bukan untuknya maka data itu akan lewat dan dikirimkan ke node tujuan. Cara kerja topologi jaringan ini dapat diurutkan sebagai berikut :

  • Komputer satu dihubungkan dengan komputer sebelahnya. Hubungan ini dilakukan secara menerus ke komputer selanjutnya
  • Setiap komputer pengirim data akan membuatkan token. Pada saat komputer sebelahnya menerima data dan token itu bukan untuknya maka data akan diteruskan ke komputer lainnya
  • Data token akan berjalan disepanjang arah cincin jaringan ring ini pada tiap komputer secara bergantian

Kelebihan  dan Kekurangan Topologi Jaringan Ring

Tentunya setiap topologi jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pengaplikasiannya ke dunia terapan. Namun kita perlu tahu kelebihan dan kekurangan tersebut agar dapat digunakan sebagai referensi untuk menentukan jenis jaringan yang akan digunakan.

keuntungan topologi jaringan ring
form slide share

Terlihat dari gambar diatas model jaringan ring juga dapat diimplementasikan untuk device yang lain seperti traffic light, printer, kamera pengintai, bahkan panel.

Kelebihan Topologi Jaringan Ring

Berikut kelebihan dan keunggulan menggunakan model topologi jaringan ring :

  • Biaya penggunaan kabel lebih hemat
  • Mudah dalam konfigurasi jaringan tiap komputer
  • Isolasi kerusakan menjadi lebih mudah karena tersegmen tiap nodenya
  • Perancangan dan perawatan lebih mudah
  • Untuk kecepatan lebih bagus performanya dibandingkan dengan topologi jaringan bus
  • Tabrakan data (collison) tidak akan terjadi. Hal ini karena dalam sekali waktu hanya satu node/komputer yang dapat mengirimkan data

Kekurangan Topologi Jaringan Ring

Selain memiliki kelebihan, jenis topologi jaringan ring ini juga memiliki kekurangan dan kelemahan antara lain :

  • Bentuknya yang menyerupai cincin membuat kesalahan satu node dapat mengakibatkan semua kerusakan dalam jaringan. Jangan khawatir karena biasanya untuk mengantisipasi ini perusahaan yang menggunakan jaringan ring ini menggunakan model double ring / cincin ganda.
  • Kecepatan dan kinerja jaringan ring ini tergantung dari banyaknya komputer/node yang terhubungkan.
  • Untuk pengembangan dan penambahan node menjadi sulit, apalagi ketika jaringan telah menjadi komplek
  • Ketika node tujuan jauh sinyal akan menjadi lemah

Nah dari sini anda bisa perhitungkan jenis topologi jaringan yang ingin anda buat. Semoga dengan referensi ini dapat menambah wawasan ketika anda hendak membuat jaringan komputer untuk pribadi, sekolah, perusahaan dan lainnya.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *