teknik dasar permainan bola basket

5 Teknik dasar permainan bola basket dan penjelasannya

Permainan bola basket sudah menjadi olahraga yang popular sejak lama. Peminat bola basket tertarik permainannya karena termasuk olahraga yang menantang. Tanpa harus ada ring/gawang pun olahraga bola basket bisa dimainkan.

Permainan bola basket sebenarnya itu permainan yang memperebutkan poin antara 2 tim. Siapa yang poinnya lebih banyak, tim mereka yang menang. Dalam satu tim bola basket terdapat 5 pemain dengan posisi playmaker, defense dan forward.

Untuk dapat menguasai permainan bola basket tentu harus memiliki fisik yang kuat. Selain fisik anda harus belajar menguasai teknik dasar permainan bola basket tersebut. Salah satu teknik dasar paling penting dalam bola basket yaitu teknik memegang bola.

Peraturan bola basket terbaru dan lengkap

Permainan bola bsket sendiri telah di atur oleh organisasi dunia yang namanya FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) melalui buku panduan wajib bagi pemain. Demi menjamin permainan bola basket dilakukan dengan jujur dan adil. Beberapa peraturan yang perlu anda ketahui untuk lebih mengenal permainan bola basket antara lain :

  • Lebar lapangan bola basket

lapangan bola basket

Pertama dirumuskan lebar lapangan bola basket menyesuaikan standar NBA di amerika. Ukuran standarnya adalah panjang 28.5 meter dan lebar 15 meter. Ada juga ukuran lebar lapangan yang lebih kecil yakni panjang 26 meter dan lebar 14 meter.

  • Jumlah pemain

Jumlah pemain utama bola basket adalah 5 orang dengan memiliki 5 orang sebagai cadangan. Permainan bola basket ini dikelola oleh 2 orang wasit.

  • Lama waktu permainan

Permainan bola basket dilakukan selama 80 hingga 90 menit dengan pembagian 4 x 10 menit. Sedangkan menurut NBA dilakukan selama 4 x 12 menit. Disetiap babak diberikan waktu 10 menit untuk istirahat.

  • Pelanggaran 3 second violation

Jika pemain berada pada daerah tembakan bebas selama 3 detik maka pemain tersebut dapat terkena pelanggaran 3 second violation ini. Akibat dari pelanggaran tersebut biasanya akan dilakukan tembakan bebas untuk lawan.

  • Back ball / back court

Pelanggaran ini terjadi jikalau ada pemain mengendalikan bola dengan melewati jalur tengah. Peraturan yang satu ini masih jarang orang yang mengetahuinya sehingga banyak pemain yang melakukan hal tersebut.

  • Travelling / walking

Pembeda olahraga bola basket itu adanya kata dribble yang berarti memantulkan. Ketika pemain membawa bola basket hukumnya wajib untuk mendribble bola tersebut dengan 2 langkah perpindahan. Pelanggaran akan terjadi jika hal itu dilanggar oleh pemain.

Terlebih bagi pemain yang akan melakukan shooting bola ke ring lawan harus mendrible bola dengan 2 langkah perpindahan.

  • Double

Setiap melakukan olahraga bola basket tidak lupa dengan adanya dribble. Ketika ada pemain yang telah melakukan dribble dan berhenti, kemudian melakukan dribel lagi itulah yang dinamakan double dribble. Pelanggaran satu ini harus diperhatikan karena memang olahraga bola basket termasuk olahraga yang membutuhkan fokus tingkat tinggi.

  • Shot clock violation

Disaat pemain hendak melakukan shooting ke ring lawan ada peraturan bahwa waktu antara melakukan tembakan dan sampai ring harus 24 detik. Ketika bola gagal memantul dan terpegang oleh teman pemain maka ketika teman pemain melakukan shoot lagi maka waktu yang dimiliki hanya 14 detik.

Sangat disarankan dalam membuat taktik dalam permainan bola basket agar tidak terlalu rumit, apalagi taktik untuk memasukkan bola karena batasan waktu 24 detik tersebut.

  • 8 second violation

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain membawa bola di daerah pertahanannya sendiri lebih dari 8 detik lamanya. Akibat pelanggaran ini dapat dikenakan hukuman tembakan bebas oleh pihak lawan ke ring anda.

  • Jumping

Bagi pemula pelanggaran ini sering dilakukan karena kurangnya pengalaman mereka. Jenis pelanggaran ini disebabkan seorang pemain ingin melakukan shooting dengan dibarengi lompatan, namun pemain tersebut tidak jadi melakukan shooting.

  • Offensive foul

Dalam permainan bola basket ini penuh tantangan dan gerak sigap lincah. Gerakan-gerakan ini terkadang mengenai lawan yang akhirnya membuat lawan menjadi emosi. Mungkin juga ketika ada orang berusaha menarik anda ketika hendak memegang bola. Hal-hal yang mengenai modus untuk memprovokasi orang lain merupakan pelanggaran jenis offensive foul ini.

  • Personal foul

Terkadang terlalu defensive anda dalam melakukan pertahanan sering kali justru melakukan pelanggaran. Beberapa pelanggaran yang tidak diperbolehkan meskipun untuk mempertahankan ring antara lain mendorong, menarik, menahan dan menghalangi illegal. Jika ada pemain yang melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali dari pelanggaran-pelanggaran tadi akan dikeluarkan dari pertandingan.

  • Technical foul

Seorang pemain bola basket boleh saja melakukan protes atas keputusan wasit, namun jika terlalu berlebihan dan membahayakan keberadaan wasit dapat terkena pelanggaran technical foul ini.

Pada intinya dalam bertanding bola basket harus menjaga keamanan dan tindakan menyakiti orang lain. Pelanggaran tentang technical foul ini dapat menyebabkan pemain dikeluarkan dari pertandingan.  Bahkan ketika pelanggarannya terlalu berat seperti bertikai antar pemain, mengumpat wasit atau penonton, pihak FIBA pun dapat melakukan skors terhadapa pemain tersebut.

  • Unsportman like foul

Pelanggaran dengan niat menyakiti pemain lawan entah karena dendam, baik sengaja atau tidak sengaja akan berakibat fatal terhadap pemain tersebut. Apalagi sampai ada pelanggaran kekerasan langsung pemain bersangkutan akan terkena hukuman tembakan bebas sebanyak 2 kali.

  • Team foul

Ketika satu tim telah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali, secara otomatis akan terkena tembakan bebas kelima dan keenam waktu terus berjalan.

Cara bermain bola basket

Coba sebutkan teknik dasar permainan bola basket? Tentunya bagi anda yang menggeluti dunia bola basket haru mengetahui teknik dasarnya. Berikut ini beberapa teknik dasar permainan bola basket dan penjelasannya :

  • Teknik dasar dribbling / menggiring bola basket

teknik dribble bola basket

Menggiring bola basket itu seperti menggiring bola dalam permainan sepak bola supaya bola selalu berada pada pihak kita. Teknik dribbling ini harus menggunakan satu tangan dengan memantul-mantulkan bola tersebut. Tidak boleh menggunakan 2 tangan maupun mengepal tangan dalam memantulkan bola basket tersebut.

Ada beberapa cara untuk menggiring bola basket antara lain :

  • Dribbling bola tinggi

Seorang pemain menggunakan dribbling bola tinggi ini ketika pemain menggiring bola dengan memasuki area pertahanan lawa. Caranya harus berlari cepat dengan menghindari lawan untuk dapat mencetak poin. Hal ini dapat dilakukan jika lawan agak jauh dari pemegang bola

  • Dribbling bola rendah

Teknik dribbling rendah ini biasanya digunakan ketika anda sedang berhadapan dengan lawan. Mencari celah dari lawan untuk meneroboskan bola melalui celah tersebut. Berlatihlah teknik ini untuk pertahanan dari perebutan bola oleh lawan.

  • Spin dribble

Teknik spin dribble ini khusus untuk pemain senior yang selalu berlatih dengan teratur. Spin dribble ini harus melatih dribble yang stabil dengan memutar-mutar bola tanpa jatuh.

  • Between the legs dribble

Teknik ini juga termasuk teknik bagi orang yang memiliki skill khusus. Memantul-mantulkan bola lewat sela kaki dari depan ke belakang. Untuk melakukan teknik ini hendaknya dengan seorang pelatih agar mengetahui kesalahan yang dilakukan dengan teknik ini.

  • Behind the back dribble

Pada teknik ini juga hanya pemain tertentu yang dapat melakukannya dengan berlatih intensif. Cara melakukan gerakan behind the back dribble ini dengan menempatkan bola ke belakang pemain melalui celah tangan lawan. Kemudian menangkap dengan cepat agar bola tidak mudah direbut oleh lawan

  • Crossover dribble

Teknik crossover dribble ini merupakan teknik pengecoh lawan dengan memantul-mantulkan bola dari tangan kanan ke tangan kiri. Dengan teknik ini lawan dapat terkecoh ketika mereka tidak fokus pandangannya.

  • Teknik dasar pivot bola basket

teknik pivot bola basket

Gerakan pivot ini merupakan gerakan dengan tumpuan kedua kaki seperti pasang kuda-kuda. Teknik pivot ini untuk melakukan gerakan tipuan untuk lawan dengan menggerak-gerakkan badan dengan kedua tangan tetap memegang bola basket.

Salah satu kaki tumpuan harus diam ditempat sedangkan satu kaki lainnya boleh bergerak-gerak diiringi gerakan badan tadi untuk melakukan tipuan ke lawan.

  • Teknik dasar passing bola basket

Teknik passing atau mengoper bola basket ini dilakukan pemain untuk melempar bola kepada kawan se-tim nya. Caranya dengan menggunakan kedua tangan untuk melemparnya dengan tepat sasaran.

Teknik passing sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu

Overhead pass

teknik overhead passing bola basket

Teknik overhead ini dilakukan untuk melempar bola jauh ke area lawan. Hal ini dilakukan biasanya ketika pemain lagi dihadang oleh banyak lawan. Caranya bola di pegang diatas kepala kemudian dilemparkan jauh ke teman se-tim nya.

Chest pass

teknik chest passing bola basket

Teknik chest ini dilakukan dengan posisi kedua tangan memegang bola di depan dada. Dengan kekuatan penuh bola dilempar dengan kedua tangan ke teman se-tim. Tujuan teknik ini untuk melakukan tipuan kepada lawan. Cara paling ampuh melakukan teknik ini dengan pura-pura tidak melihat ke arah teman se-tim, kemudian dengan cepat melempar bola tersebut secara lurus memakai kedua tangan di depan dada.

Hook pass

teknik hook passing bola basket

Ketika ada 2 pemain lawan menghadang anda boleh melakukan teknik hook ini. Caranya dengan memakai satu tangan bola dilempar seperti cara melempar kail saat memancing. Untuk lemparan rendah lakukan setara dengan wajah anda dan untuk lemparan tinggi lalukan dengan satu tangan dari arah bahu ke atas dengan menekuk.

Under pass

teknik under passing bola basket

Melakukan teknik under pass ini dengan memantulkan bola ke arah teman se-tim melalui celah kaki atau samping badan lawan. Teknik ini bisa sangat efektif jika digunakan menipu lawan yang sangat dekat dengan pemain.

Baseball pass

teknik pivot bola basket teknik baseball passing bola basket

Gerakan baseball pass ini sering dilakukan sebagai gerakan tipuan untuk lawan. Melakukan gerakan melempar bola dengan satu tangan ke arah teman se-tim. Hal ini dilakukan dengan gerakan seolah-olah pemain akan melakukan shooting ke arah ring, padahal secara mendadak bola di oper ke teman se-tim nya.

Bounce pass

teknik bounce passing bola basket

Passing dengan teknik bounce ini dilakukan dengan memantulkan bola ke bawah menuju teman se-tim. Biasanya dilakukan dengan gerakan berlari ke pertahanan lawan seolah meluncur terus ke arah maju namun bola dilemparkan ke arah kawan.

  • Teknik dasar rebound bola basket

teknik rebound bola basket

Dalam Teknik ini dipercaya dapat membantu penambahan poin bagi tim dan membuat posisionball untuk menuju kemenangan. Teknik rebound ini ada 2 cara yaitu rebound defensif dan rebound ofensif. Teknik rebound defensif ini dilakukan ketika lawan menembakkan bola ke ring tetapi gagal dan pemain segera mengambil bola tersebut. Bisa juga dilakukan dengan menghalau lawan dengan kedua tangan ketika lawan mau menembakkan bola ke ring.

Untuk teknik rebound ofensif dengan mengambil kembali bola yang ditembakkan teman se-tim tetapi gagal. Dengan mengambil bola itu kembali untuk ditembakkan lagi ke ring lawan untuk memupuk kemenangan.

Teknik dasar shooting bola basket

Gerakan shooting atau menembakkan bola untuk masuk ke dalam ring lawan agar memperoleh point. Gerakan shooting ini sendiri dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Jump shoot

teknik jump shoot bola basket

Teknik shooting bola basket dengan jump shoot ini hanya dapat dilakukan dengan jarak jauh dari ring. Karena mengukur jarak bola dan ring dengan gerakan mulus dan sempurna untuk mencetak point.

  • Set shoot

teknik set shoot bola basket

Melakukan gerakan shooting / menembakkan bola basket ketika keadaan sedang free / tidak adanya penghalang. Lakukan melempar bola dengan arah keatas kepala dengan kedua tangan tanpa meloncat tinggi.

  • Lay up shoot

teknik lay up shoot bola basket

Ketika pemain melakukan penggiringan bola dan sudah berada dekat ring. Pemain segera mengangkat kedua tangan dengan dibarengi melompat untuk memasukkan bola ke ring.

  • Slam dunk

teknik slum dunk bola basket

Salah satu teknik shooting yang terkenal bahkan pernah dijadikan salah satu judul film tentang basket adalah teknik slam dunk shooting. Cara melakukan teknik ini dengan berlari cepat ke arah ring dan melompot setinggi-tingginya untuk memasukkan bola ke ring. Teknik ini hanya dapat dilakukan oleh pemain yang memiliki postur sangat tinggi karena letak ring yang tinggi. Bahkan ada pemain yang melakukan dengan menembakkan bola sampai memegang ring tersebut.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *