5 teknik dasar permainan bola voli

5 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Harus Dikuasai Pemain

Teknik dasar bola voli merupakan teknik yang wajib dikuasai oleh setiap pemain bola voli. Kata voli itu sendiri berarti memukul bola secara langsung sebelum tersentuh tanah. Yang perlu diperhatikan dalam penguasaan dasar bola voli meliputi kondisi mental, fisik dan taktik dalam permainan bola voli.

Selain faktor kondisi setiap pemain, kekompakan dalam tim permainan bola voli sangatlah penting. Bola voli tidak mungkin dimainkan hanya dengan 1 orang saja, namun harus dimainkan secara beregu.  Dengan kekompakan tim bisa dipastikan kesempatan untuk menang akan diperoleh lebih besar.

Koordinasi taktik gerak dalam permainan bola voli menjadi hal utama agar permainan dapat dimenangkan. Selain itu kondisi fisik tiap pemain menjadi pendukung setiap taktik meliputi daya tahan tubuh, kekuatan, kecepatan dan kelincahan.

Kami akan memaparkan beberapa teknik dasar bola voli yang harus dikuasai oleh tiap pemain. Teknik dasar ini seakan menjadi wajib bagi anda yang menggeluti dunia voli. Beberapa teknik dasar ini antara lain :

Teknik servis bola voli

teknik servis bola voli

Permainan bola voli mesti diawali dengan teknik servis oleh seorang pemain. Teknik servis merupakan pukulan bola yang dilakukan dengan memperhatikan pandangan, sikap badan dan timing yang tepat untuk mulai memukul.

Dalam teknik servis itu sendiri masih dibagi menjadi 2 bagian yaitu servis bawah dan servis atas

Cara servis bawah

teknik servis bawah bola voli

Servis bawah dilakukan dengan memajukan kaki kiri lebih kedepan daripada kaki kanan. Posisi bola berada di tangan kiri dengan digenggam. Tangan kanan ditarik kebelakang dari bawah dengan posisi tangan menggenggam. Kemudian bola di pantulkan ke atas sedikit sampai pinggang dan tangan kanan dipukulkan dari arah bawah dengan ketegangan tangan yang kuat. Hal ini dilakukan agar mendapatkan pantulan bola ke depan secara maksimal.

Cara servis atas

teknik servis atas bola voli

Dalam pelaksanaannya servis atas sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain floating servis, tennis servis dan cekis.

Tennis servis merupakan model servis seperti pemain bola tennis. Cara memegang bola dengan tennis servis yaitu tangan kiri berada dibawah bola sebagai penyangga dan tangan kanan diatas bola. Arahkan kaki kiri lebih maju daripada kaki kanan sebagai posisi kuda-kuda. Lambungkan bola keatas menggunakan tangan kanan sampai diatas kepala. Tarik tangan kanan keatas sampai kebelakan kepala dengan tangan terbuka. Pukul bola dengan melihat pandangan fokus kedepan sehingga kekuatan bisa maksimal.

Teknik passing bawah permainan bola voli

Passing merupakan salah satu teknik mengoper bola ke teman sesama tim. Untuk passing bawah merupakan pengoperan bola ke teman dengan menggunakan kedua tangan yang diayunkan dari arah bawah ke atas hingga sebahu tangah. Passing bawah ini sendiri biasa dilakukan untuk mengambil bola dari smash lawan.

teknik passing bawah bola voli

Terlihat pada gambar langkah untuk melakukan passing bawah dengan merapatkan kedua tangan dengan jempol sama-sama lurus kedepan. Kedua kaki dibuka untuk menerima bola dari lawan dengan kedua tangan tadi dan memantulkan bola itu ke teman se-tim.

Caranya dengan mengambil bola dari bawah diayunkan hingga ke bahu untuk dipantulkan ke atas agar teman se-tim dapat melakukan teknik smash.

Teknik passing atas permainan bola voli

Passing atas dilakukan untuk mengoper bola ke teman se-tim dengan posisi kedua tangan diatas kepala. Proses pengoperan passing atas ini biasa dilakukan ketika ada operan bola dari teman dari passing bawah.

teknik passing atas bola voli

Ketika ada teman se-tim melakukan passing bawah, maka pemain yang menerima biasanya akan melakukan passing atas untuk mengoper bola ke pemain lain untuk melakukan smash. Proses passing atas ini dilakukan dengan cara berikut :

  • Kedua kaki dibuka lebar dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Ketika bola datang dari operan maka posisi tangan diangkat dengan siku agak ditekuk. Posisi jari jempol dan telunjuk membentuk lingkaran segitiga dengan tangan melebar.
  • Usahakan posisi bola pas di atas dahi dengan kedua jari telunjuk mendorong bola tersebut dengan bantuan ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah untuk memantulkan bola.
  • Gerakan akhir dengan sedikit kaki sedikit terangkat dengan pinggul dan lutut dinaikkan diikuti pandangan mata fokus ke arah tujuan bola dilemparkan.

Teknik smash bola voli

Smash merupakan sebuah pukulan keras dengan kekuatan dan kecepatan yang diarahkan ke lawan. Smash ini sering dilakukan oleh pemain untuk mendapatkan point dengan melakukan smash yang tidak bisa diterima oleh lawan.

teknik smash bola voli

Proses smash biasanya dilakukan setelah adanya passing bawah dari teman se-tim kemudian dilanjutkan dengan passing atas, baru dilakukan pukulan smash untuk mendapatkan point. Smash ini sendiri memiliki variasi antara lain smash depan, smash dengan memutar, smash tipuan dan smash pergelangan tangan.

Teknik smash biasanya dilakukan oleh pemain penyerang dengan posisi badan dekat dengan Net sekitar 2.5 sampai 4 meter. Smash sendiri dilakukan pemain dengan 2 hal yakni proses tolakan dan pendaratan.

Tolakan untuk smash dilakukan dengan menghentakkan kedua tumit kaki ke tanah. Ayunkan kedua tangah ke arah depan dengan posisi seperti mau bertarung. Lakukan lompatan ke atas dengan proses memukul bola yang berada tepat didepan kepala kearah lawan. Pemukulan smash yang benar akan menghasilkan kekuatan bola yang kencang dan cepat sehingga lawan tidak dapat menerima.

Pendaratan untuk smash dilakukan dengan kedua kaki mengeper dan kedua lutut dan jari agak melentur agar badan menjadi rileks.

Teknik menghadang / block bola voli                                    

Menghadang bola dari serangan lawan biasa dinamakan teknik block. Proses ini dilakukan ketika ada serangan dari lawan yang melakukan smashing. Block biasa dilakukan pemain dengan mendekati Net gawang dengan arah kekanan dan kekiri.

teknik menghadang - block bola voli
wikihow.com

Posisi badan untuk melakukan blocking dengan menjongkokkan dahulu badan dengan kedua tangan didada siap membendung. Lakukan lompatan ke atas dengan kedua tangan diangkat keatas. Posisi kedua kaki dan kedua tangan rapat agar bola dapat dibendung. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki dahulu lentur pada ujung kaki dan jari.

Dari ke 5 teknik dasar bola voli diatas, pada penerapannya biasanya para pemain yang sudah profesional menggabungkan beberapa teknik tertentu. Selain teknik dasar permainan bola voli perlu adanya taktik atau strategi untuk dapat memenangkan permainan bola voli.

Kekompakan pemain juga akan menjadi faktor utama penentu kemenangan. Oleh karena itu para pilih pemain yang memiliki solidaritas yang tinggi dan semangat juang yang hebat untuk membentuk tim yang akan diperhitungkan oleh lawan.

Baik sahabat kaimasa sekian paparan tentang teknik dasar bola voli yang dapat kami utarakan, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang bergelut / menyukai permainan bola voli.

SILAKAN BERIKAN KOMENTAR, SARAN DAN MASUKAN UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE KAIMASA.

TERIMA KASIH

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *