teknik dasar permainan sepak bola

9 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola [ Penjelasannya Beserta Gambarnya ]

Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak diminati dan dinanti. Bukan hanya diluar negeri, bahkan di dalam negeri sendiri pun sepak bola menjadi icon utama olahraga yang digemari. Untuk memulai permainan sepak bola anda harus menguasai teknik dasar dalam permainan sepak bola yang menjadi hal wajib untuk dikuasai oleh seorang pemain.

Seorang pemain sepak bola harus memiliki kondisi fisik yang kuat dan cepat dalam berlari. Kecepatan dan taktik dalam sepak bola adalah hal penting yang dijadikan hal utama untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola. Selain itu koordinasi dalam tim menjadi hal yang juga harus diperhatikan karena permainan sepak bola merupakan olahraga bentuk tim.

Berikut ini merupakan teknik dasar permainan sepak bola yang harus dikuasai seorang pemain yang baik.

  1. Menendang
  2. Menggiring
  3. Menyundul
  4. Merampas
  5. Merebut
  6. Menyapu
  7. Mengumpan
  8. Lemparan kedalam
  9. Menangkap

Pengertian Teknik Dasar Sepak Bola

Sejarah permainan sepak bola

Sepak bola modern awalnya berasal dari negara inggris sejak abad 19 an yang dilakukan disekolah-sekolah. Awal tahun 1857 muncul pertama kali club sepakbola di inggris yaitu Sheffield Football Club.

Kemudian pada tahun 1863 dibentuklah sebuah badan yang mengatur permainan sepak bola di inggris yang dinamakan FA (Football Association). Agar dapat dinikmati dan dimainkan oleh berbagai negara, awal tahun 1900 an dibentuk organisasi FIFA yang mengatur semua permainan sepak bola dunia.

Di indonesia sendiri sepak bola di awali oleh PSSI dari Yogyakarta yang didirikan oleh Soeratin Sosrosoegondo pada tahun 1930 an. Pada tahun 1970 an sepeninggal soeratin sosrosoegondo banyak pemain indonesia yang membentuk berbagai divisi dalam sepakbola yang akhirnya berkembang dalam bentuk kompetisi-kompetisi.

Aturan permainan sepak bola

Pemain

Dalam permainan sepak bola posisi pemain harus memiliki kombinasi (kiper)penjaga gawang, (back)pemain bertahan, (gelandang)pemain tengah, (winger)pemain sayap dan (Striker)penyerang. Kelima pemain itu dikoordinasi oleh seorang kapten yang biasanya memakai armband di lengannya.

Lapangan

lapangan sepak bola

Standar internasional sebuah lapangan sepak bola memiliki ukuran panjang 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian pojok tengah ada area gawang persegi empat dengan ukuran 7.3 meter dan tinggi gawang 2.4 meter. Ada satu garis didepan gawang yang dinamakan pinalti dengan jarak 16.5 meter

Lama permainan

Normal waktu permainan sepak bola itu 2 x 45 menit dengan pergantian lokasi lapangan setiap 45 menitnya dan waktu istirahat 15 menit diantara pergantian itu. Penambahan waktu 2 x 15 menit jika kedudukan sama. Adu pinalti dilakukan jika penambahan waktu sudah dilakukan. Wasit bisa menambahkan waktu tambahan sebagai pengganti waktu yang hilang ketika pemain cedera dan oper pemain.

Wasit dan hakim

Dalam permainan sepak bola yang standar memiliki 4 orang petugas lapangan yaitu 1 wasit, 2 hakim garis dan 1 petugas pinggir tengah lapangan. Seorang wasit bertugas memantau pelanggaran yang terjadi di tengah lapangan. Untuk hakim garis bertugas mengawasi setengah bagian lapangan masing-masing jika terjadi bola keluar. Petugas pinggir tengah lapangan bertugas mencatat waktu yang telah hilang akan adanya pergantian pemain dan pemain cedera.

Pelanggaran

Seorang wasit dapat memberikan 2 macam kartu yaitu kartu kuning dan kartu merah jika ada pemain yang melakukan pelanggaran. Untuk memberikan kartu tersebut wasit harus memberikannya didepan pemain yang melanggar sembari mencatat jenis pelanggaran, nama pemain dan waktunya.

Kartu kuning diberikan ketika pemain melanggar seperti sering melakukan pelanggaran, menunda waktu, berselisih, keluar masuk lapangan tanpa izin wasit, bermain tidak sportif dan tidak menjaga jarak saat pemain melakukan tendangan bebas.

Kartu merah diberikan wasit kepada pemain jika melanggar seperti melakukan kekerasan, menyentuh bola dengan tangan kecuali penjaga gawang, melarang pemain yang hendak mencetak gol, gerakan tubuh menantang dan berposisi menjadi penjaga gawang dengan handsball. Seorang pemain biasanya akan dikeluarkan dari lapangan jika sudah mendapatkan kartu merah.

Macam – Macam Teknik Dasar Sepak Bola

Sebagai pemain sepak bola wajib untuk menguasai teknik dasar permainan sepak bola sebagai berikut :

Menendang bola

Menendang merupakan hal utama sebagai seorang pemain terutama pemain penyerang / striker. Tendangan tergantung dari fungsi tendangan tersebut apakah untuk mengumpan ataukah menendang untuk mencetak gol.

Dalam melakukan tendangan ada 3 macam cara yang dapat dilakukan antara lain :

  • Menendang dengan bagian kaki luar

Biasanya tendangan dengan kaki luar ini digunakan untuk menendang jarak dekat

  • Menendang dengan bagian kaki dalam

Untuk mengoper bola dengan menggunakan bagian kaki dalam

  • Menendang dengan pungggung kaki

Tendangan dengan menggunakan punggung kaki biasanya untuk mencetak gol, karena dengan punggung kaki tendangan akan sangat kuat dan cepat.

Menggiring bola

Tindakan menggiring bola ini sangat penting untuk dipelajari. Tujuan menggiring bola ini tentunya untuk menghindari lawan sampai area gawang lawan.  Dengan menggiring bola anda dapat langsung shooting gol maupun mengoper bola ke teman se-tim.

Dalam melakukan penggiringan bola dapat dilakukan dengan teknik closed dribling dan speed dribling.

Speed dribling dilakukan jika posisi pemain sedang kosong. Giring bola ke depan sambil berlari cepat sebelum pemain lawan datang. Sedangkan closed dribling dilakukan ketika pemain sedang dihimpit oleh lawannya. Teknik closed dribling ini jangan dilakukan jika bola lebih dari 1 meter.

Menghentikan bola

Proses menghentikan bola dapat dilakukan seorang pemain dengan beberapa cara antara lain :

  • perut
  • dada
  • telapak kaki
  • punggung kaki
  • kaki bagian luar
  • kaki bagian dalam
  • paha

Mengumpan bola

Mengumpan bola menjadi hal penting dalam teknik dasar sepak bola karena tindakan mengoper bola ke teman se-tim dapat membuat dominasi permainan untuk cetak gol.

 

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *