merubah permalink di blogspot yang sudah dipublikasikan

Cara Merubah Permalink Blogspot dengan Mudah Setelah Dipublikasikan

Permalink adalah sebuah tautan hasil dari klik sebuah judul artikel di website. Hari ini kita fokus untuk memaparkan cara merubah permalink sebuah blogspot yang telah dipublikasikan. Ketika anda mengakses website tentunya ada banyak hyperlink yang dapat anda klik. Biasanya hyperlink ini ditulis dalam bentuk sebuah judul yang friendly.

permalink di google

Anda dapat melihat contoh permalink dan judul artikel seperti pada gambar diatas. Terlihat judul artikel memiliki bentuk yang enak untuk dilihat, sedangkan permalink itu sebuah hyperlink untuk dapat mengakses halaman dari judul artikel tersebut.

Tujuan dari permalink yang bagus itu harus memiliki syarat yang user friendly dan sesuai dengan standar SEO dari search engine. Dengan permalink yang bagus akan dapat membuat website anda nangkring di halaman 1 google, bahkan no 1 di halaman google.

Untuk permalink dari cms – cms sekarang ini sudah mendukung SEO semua, termasuk permalink pada blogspot. Pada kenyataannya banyak juga para blogger apalagi yang awam tidak mengetahui bahwa blogpsot sudah memberikan fasilitas Custom Permalink.

Kebanyakan para blogger jika sudah terlanjur mempublikasikan artikelnya, mereka copas judul artikel, menghapus kemudian membuat posting baru dengan judul yang sama. Padahal jika anda melakukan hal tersebut secara tidak langsung anda mempublis artikel yang baru. Dilihat dari history google artikel lama anda akan dihapus dan diganti artikel yang baru.

Dalam segi plagiat artikel baru anda termasuk fresh artikel dan jika ada website lain yang tadinya copas dari artikel lama anda sekarang menjadi terbalik. Justru artikel fresh anda yang akan dideteksi oleh google sebagai artikel plagiat dari website lain.

Cara Custom Permalink di blogpsot

Jikalau anda sudah terlanjur mempublish artikel di blogspot dan suatu ketika ingin merubah permalink artikel tersebut cukup gunakan fasilitas custom link pada blogspot. Silakan buka halaman posting di blogspot anda. Silakan anda pilih salah satu artikel yang ingin di custom.

halaman posting blogspot

Kemudian anda klik link “Edit” untuk memulai mengubah custom permalink. Akan muncul halaman custom permalink seperti pada gambar di bawah ini.

edit permalink blogspot

Terlihat pada gambar diatas adalah permalink yang sudah terlanjur dipublikasikan di blospot. Jika anda ingin mengubah permalink blogspot tersebut maka artikel harus dikembalikan pada mode DRAFT dengan klik tombol “kembali ke draft” seperti yang ditunjukkan pada nomor 2. Setelah tombol tersebut diklik maka custom permalink berubah menjadi 2 pilihan yaitu tautan permanen otomatis dan tautan permanen khusus.

edit permalink blogspot status

Jika tautan otomatis dipilih, ketika judul dirubah maka custom permalink ikut berubah. Tujuan tautan otomatis ini antara judul artikel dengan permalink akan sama. Jika tautan khusus dipilih, ketika judul dirubah custom permalink tidak akan ikut berubah.

Tautan khusus ini anda harus mengisi manual custom permalinknya. Tujuan custom permalink untuk tautan khusus ini agar membedakan antara judul dan permalink. Judul dapat anda isi dengan kata-kata yang panjang dan indah, namun permalink harus anda isi sesuai standar SEO.

Jika anda sudah mengganti custom permalink, tinggal klik tombol simpan dan tombol publikasikan maka posting anda akan terpublikasi. Lebih enaknya mengganti custom permalink ini bahwa tanggal artikel anda menganut pada tanggal ketika anda mempublish untuk yang pertama kali.

Selain dengan menggunakan custom permalink anda juga dapat melakukannya dengan mengisi deskripsi pada artikel di blogspot yang telah anda buat. Tinggal anda masukkan keyword yang ingin anda bidik seperti pada gambar diatas.

Cara Custom Permalink di WordPress

Pada dasarnya merubah permalink di wordpress sama dengan di blogspot, justru lebih mudah mengganti permalink di wordpress. Judul dari sebuah artikel silakan untuk di modifikasi seindah mungkin biar ketika pembaca melihat enak untuk dilihat. Sedangkan permalink pada wordpress harus sesuai dengan keyword yang mau dibidik untuk SEO di search engine.

merubah permalink di wordpress

Terlihat pada gambar nomor 1 merupakan judul yang akan tampil dihalaman pencarian search engine. Untuk nomor 2 merupakan permalink dari artikel yang mau di upload. Untuk mengganti permalink tinggal anda klik tombol “Edit” disebelah tulisan permalink. Kemudian ganti permalink yang sesuai dengan standar SEO search engine. Jangan lupa gunakan tanda ”-” untuk penghubung antar kata pada permalink.

Sebelum anda melakukan publish artikel yang sudah dirubah permalinknya, agar melihat bagian tanggal publish seperti nomor 3 harus sesuai dengan tanggal awal anda mempublish artikel tersebut.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *