registrasi kartu 3

Cara Registrasi dan Unreg Kartu 3 Terbaru 2019

Cara registrasi kartu 3 – Pemerintah mulai merapikan penggunaan tentang kartu prabayar sejak 31 oktober 2017 melalui kementrian KOMINFO. Setiap operator seluler diwajibkan untuk melakukan peregistrasian bagi pengguna baru yang melakukan pembelian kartu prabayar.

Oleh karena itu penyedia operator seluler melakukan inovasi untuk melakukan registrasi kartu prabayar. Ada beberapa cara untuk melakukan registrasi kartu yakni lewat sms, lewat USSD, offline ke galeri operator bahkan secara online lewat situs operator.

Setiap Operator seluler pun diwajibkan untuk membuat customer meregistrasikan setiap nomor kartu prabayar yang dikeluarkan. provider seperti Telkomsel, Xl / Axis, Three bahkan Smartfren.

Tidak luput dari semua itu pihak operator seperti PT Hutchison 3 Indonesia (H3I)  atau yang lebih dikenal dengan nama Three (3) juga telah melakukan inovasinya.

Syarat yang diperlukan untuk melakukan registrasi harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

registrasi kartu 3 yang gagal

Sejak dimulai perapian tentang KTP elektronik, registrasi kartu mulai digalakkan. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan sinkronisasi database antara data Kependudukan dengan data yang ada di operator seluler seperti three.

Pemerintah melakukan perapian semua ini dengan tujuan agar penggunaan kartu prabayar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab seperti teroris, penipu dan lainnya.

Contoh Bentuk Registrasi Kartu 3

Untuk melakukan registrasi kartu 3 dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti registrasi lewat sms, registrasi dengan datang ke galeri, bahkan paling mudah registrasi lewat situs online 3.

Anda dapat melakukan registrasi 3 secara online lewat website resmi registrasi.tri.co.id Ketika anda membuka website registrasi 3, akan muncul 2 tombol yaitu tombol registrasi dan tombol unreg.

Sebelum melakukan registrasi persiapkan Nomor NIK dan Nomor KK sebagai syarat perlengkapan seperti gambar diatas.

Cara Daftar Registrasi Kartu 3

  • Registrasi kartu 3 lewat sms

Untuk melakukan registrasi kartu 3 melalui sms dapat dilakukan dengan mengirim sms ke nomor 4444 dengan menggunakan format sebagai berikut :

NIK#NO.KK# kirim ke 4444

  • Registrasi kartu 3 ulang

registrasi kartu 3 ulang

Registrasi kartu 3 ketika mengalami kegagalan  maupun telah unreg dan ingin melakukan registrasi ulang dapat dilakukan dengan format sebagai berikut :

ULANG#NIK#NO.KK# kirim ke 4444

  • Registrasi kartu 3 online

contoh registrasi kartu 3

Anda dapat melakukan registrasi kartu 3 lewat website resmi https://registrasi.tri.co.id/. Ketika muncul 2 tombol silakan klik tombol registrasi. Akan muncul halaman untuk menginputkan nomor NIK anda dan nomor KK.

Kemudian silkan pilih konfirmasi apakah melalui kode rahasia via SMS atau nomor seri ICCID yang terdapat pada kartu 3 bagian belakang.

  • Registrasi kartu 3 dengan Dial / USSD

Untuk melakukan registrasi kartu 3 melalui dial dengan panggilan darurat ke nomor *4444# yang akan memunculkan menu utama.

registrasi kartu 3 dial menu utama

Silakan anda pilih menu 1 yakni Registrasi, maka akan diminta untuk menginputkan NIK anda.

registrasi kartu 3 dial menu input NIK dan KK

Ketika klik tombol kirimkan akan diminta input KK anda. Terakhir akan ditanyakan apakah NIK dan KK sudah betul, jika benar silakan klik tombol lanjut.

registrasi kartu 3 dial menu lanjut

Input yang telah anda kirimkan ke provider 3 akan segera di validasi kebenaran dari data NIK dan KK anda. Jika benar maka anda akan mendapatkan notifikasi sms bahwa nomor 3 anda sudah berhasil terdaftar.

registrasi kartu 3 dial berhasil

Cara melakukan Unreg Kartu 3

unreg kartu 3

Unregistrasi atau yang biasa dikenal dengan unreg untuk kartu 3 dapat dilakukan dengan cara yakni unreg lewat / via sms dan unreg via web online.

Pihak pemerintah melalui menteri kominfo rudiantara menetapkan penggunaan 1 Nomor NIK hanya untuk tiga kartu perdana seluler saja.

Namun bagi para pengusaha yang ingin memiliki lebih dari 3 nomor kartu perdana diperbolehkan . Untuk nomor perdana keempat harus melakukan pendaftaran di gerai-gerai provider seluler secara langsung.

Dilakukan hal ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat akan bahaya penipuan dan terorisme.

Bagi orang yang belum mendaftarkan ulang nomor kartu prabayarnya dibatasi paling akhir 30 April 2018. Efek jika orang tersebut tidak melakukan registrasi ulang, maka semua hak akses kartu prabayar akan diblokir.

Pemblokiran dilakukan seperti tidak dapat melakukan / menerima panggilan, tidak dapat mengirim / menerima sms,bahkan tidak dapat mengakses layanan data internet.

Pihak Three (3) memberikan fasilitas unreg kepada melalui sms dan web online. Untuk melakukan unreg kartu prabayar 3 dapat dilakukan dengan format UNREG#NomorNIKTerdaftar#.

Sedangkan unreg melalui website online three dapat dilakukan sebagai berikut

  • Akses website resmi unreg three https://registrasi.tri.co.id/
  • Silakan pilih menu unreg
  • Anda disuruh untuk input nomor kartu prabayar yang ingin di unreg
  • Anda juga disuruh input nomor NIK yang digunakan saat registrasi kartu prabayar tersebut
  • Silakan klik tombol Minta Kode Rahasia ( kode ini berlaku max 5 menit, jika lebih dari 5 menit anda harus minta kode rahasia lagi )
  • Klik / check kode chaptcha
  • Klik tombol kirim

Perlu diperhatikan proses unregistrasi kartu prabayar three ini dapat anda lakukan selama kartu tersebut masih dalam kondisi aktif.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *