Cara Menanam Cabe dengan Hidroponik di Paralon

Menanam Cabe Hidroponik di paralon – Perkembangan dunia pertanian dengan teknologi dapat mengawinkan teknik menanam cabe dengan teknologi seperti penanaman cabe hidroponik dengan media paralon. Sudah ada banyak model paralon yang dapat digunakan sebagai media tanam.

Teknik hidroponik menggunakan media paralon lebih banyak digunakan bagi orang yang memiliki lahan sempit. Selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga akan cabe, dengan media paralon dapat digunakan sebagai hiasan pekarangan rumah juga.

Model paralon yang dapat anda gunakan antara lain model horizontal, model vertical bahkan penggabungan keduanya.

media tanam hidroponik paralon horisontal media tanam hidroponik paralon vertikal

Media dan Tempat Tanam

Anda dapat menggunakan paralon berukuran 4 inchi untuk membuat media pertumbuhan tanaman cabe. Silakan anda model paralon yang akan digunakan untuk tempat penanaman, baik horizontal maupun vertical.

Berilah lubang-lubang seukuran tanaman cabe sekitar 10 cm sepanjang paralon dengan jarak antar lubang 40 cm. Susunlah model paralon dengan kebutuhan agar distribusi air melalui paralon dapat berjalan lancar

Untuk media tanam dapat menggunakan sekam atau serbuk kayu atau serabut kelapa yang sudah dihaluskan.

Perawatan cabe hidroponik dengan paralon

Setelah proses penyemaian tanaman cabe dan penanaman pada paralon, anda harus mempersiapkan perawatan seperti pupuk dan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Untuk perawatan menggunakan pupuk dilakukan dengan mencampur pupuk organik dengan pupuk kandang dengan takaran 30:1. Pupuk ini dapat digunakan untuk media tanam sekam tadi.

Pupuk buatan dapat anda buat dari pupuk Phonska dan SP36 dengan takaran 2:1. Tanaman dapat anda pupuk ketika tanaman cabe berusia 10 hari setelah ditempatkan di paralon. Pupuk buatan dapat anda campur dengan air dengan takaran 1 gelas : 40 Liter air.

Lakukan pemupukan dengan pupuk buatan 7-10 hari sekali. Anda dapat melakukan pemupukan dengan penyemprotan langsung ke tanaman maupun disiramkan ke media tanam. Setelah cabe berumur 75 hari tanam, anda dapat melakukan pemanenan. Biasanya cabe yang siap panen memiliki warna agak memerah dan tumbuh besar.

 

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *