cara menanam cabe hidroponik

Cara Menanam Cabe dengan Hidroponik di lahan yang sempit

Cara Menanam Cabe Hidroponik – Perkembangan harga cabe setiap saat yang tidak dapat diprediksi, membuat orang-orang berlomba untuk menemukan cara membudidaya cabe. Salah satu yang lagi trend dalam budidaya tanaman dengan lahan yang ada yakni hidroponik.

Kebanyakan orang yang melakukan penanaman cabe menggunakan hidroponik hanya untuk keperluan sendiri tanpa harus beli di pasar. Karena relatif lebih mudah, maka penanaman cabe dengan hidroponik sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Lahan sempit di jaman sekarang ini dapat disesuaikan dengan sistem hidroponik.

Penanaman cabe dengan menggunakan hidroponik lebih banyak memiliki keuntungan daripada menggunakan media tanam biasa, seperti

  • Karena lebih banyak menggunakan air sehingga hasil tanam menjadi lebih bersih
  • Bebas dari pestisida karena nutrisi ada dalam media air tersebut
  • Bebas dari penyakit

Dalam penanaman cabe dengan sistem hidroponik ada banyak media yang dapat digunakan seperti polybag, paralon, rockwol bahkan botol. Menanam cabe dengan hidroponik pada intinya menanam cabe dengan menggunakan media air sebagai jalur pengganti tanah. Hampir sama seperti menanam cabe rawit dengan media tanah sebelumnya, untuk kandungan hara harus diperhatikan.

Cara Menanam cabe dengan media botol bekas

Sebenarnya bukan hanya cabe yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik dalam botol, melainkan tanaman lain pun dapat dilakukan. Anda dapat mencoba sendiri melakukan penanaman dengan hidroponik baik buah dan sayuran seperti bayam, kangkung, semangka bahkan melon.

Benih cabe

Pemilihan benih cabe hampir sama dengan pemilihan benih cabe untuk media tanam tanah. Namun ada baiknya anda memperhatikan pemilihan benih dengan kualitas terbaik. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memenuhi hal tersebut.

  • Benih cabe harus sehat dan sudah benar-benar tua agar benih berisi banyak
  • Cari bibit yang sudah teruji dalam perkembangannya menghasilkan tanaman yang subur
  • Benih mampu menyerap nutrisi yang terkandung dalam media tanam dengan baik

Penyemaian cabe hidroponik

penyemaian cabe hidroponik

Hampir sama dengan penyemaian dalam media tanah, untuk cabe hidroponik pun dilakukan penyemaian benih dengan cara sebagai berikut :

  • Coba anda rendam benih ke dalam wadah berisi air, tunggu beberapa saat akan terlihat benih yang bagus dan yang tidak. Benih yang bagus akan tenggelam didalam wadah air tersebut. Anda dapat menambahkan zat ZPT untuk meransang pertumbuhan kecambah lebih cepat.
  • Bungkus benih yang bagus ke dalam kain basah seharian agar tumbuh kecambah.
  • Setelah kecambah tumbuh, baru sebar benih tadi ke media penyemaian. Media ini dapat anda beli di toko tanaman maupun anda buat sendiri dari sabut kelapa atau sekam bakar yang ditempatkan di sebuah wadah
  • Sirami dengan dengan air, jangan sampai tergenang dan hindarkan dari sinar matahari langsung

Penanaman cabe dan nutrisinya

Untuk membuat media tanam cabe yang sudah siap hasil dari penyemaian dapat dilakukan dengan menggunakan botol bekas. Botol bekas ini digunakan sebagai sarana pertumbuhan dari benih cabe tersebut hingga dapat dipanen.

  • Ambil sebuah botol bekas yang berukuran 1.5 liter
  • Potong menjadi dua bagian, untuk bagian atas yang ada tutup botol akan digunakan sebagai wadah cabe
  • Bagian bawah isi dengan air yang diberikan unsure hara
  • Bagian atas yang ada tutup botol, berilah media penyemaian dengan kain flannel untuk menyerap nutrisi yang ada di air
media tanam cabe hidroponik air
Media Tanam Hidroponik Air

Anda dapat juga membuat media tanam selain dengan air diganti dengan sekam dan cocopeat. Berilah pupuk agar sehat dengan nutrisi biar diserap oleh tanaman cabe tersebut

media tanam cabe hidroponik dengan sekam

Cara Menanam cabe dengan media paralon

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *