8 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah dan Cara Menggunakannya

Wow ternyata cuka apel memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita loh. Cuka apel yang berasal dari fermentasi sari buah apel memiliki kandungan yang banyak nutrisinya antara lain kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, bioflavonoid, pektin, magnesium, tembaga dan vitamin.

Gula dalam buah apel yang di fermentasi dengan ragi dan bakteri akan dipecah menjadi alkohol, kemudian sampai berubah menjadi cuka. Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat yang patut anda ketahui dari cuka apel.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Salah satu manfaat cuka apel untuk kita yaitu untuk kesehatan kulit wajah. Anda akan memperoleh banyak manfaatnya jika mengoleskan cuka apel ini dengan cara yang benar. Adapun manfaat cuka apel bagi kulit wajah antara lain :

  • Dapat menghilangkan jerawat

manfaat cuka apel untuk jerawat

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian celupkan kapas lembut dan tempelkan pada jerawat. Tunggu hingga 10 menit kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan tindakan ini sehari 2 kali setiap mencuci wajah anda.

  • Menghilangkan noda pada wajah

Cara menghilangkan noda pada wajah dapat dilakukan sama seperti cara menghilangkan jerawat di atas.

  • Sebagai toner wajah

manfaat cuka apel sebagai toner wajah

Ambil cuka apel dengan sendok makan, kemudian taruh pada sebuah wadah dengan di campur air dengan perbandingan antara cuka apel dan air yakni 1:2. Namun jika kulit anda sensitif dapat melakukan perbandingan lebih banyak air dengan takaran 1:3.

Celupkan sebuah toner kepada campuran cuka apel dan air tersebut dan tunggu hingga kering. Setelah toner kering baru anda mulai pakai toner untuk di usapkan pada kulit anda.

  • Membuat kulit lembut

Kandungan Acetic Acid Dan Alpha Hydroxy Acid pada apel dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Cara nya dengan anda mencampurkan cuka apel dengan oatmeal, sugar, teh perasan lemon hingga berbentuk seperti pasta dengan perbandingan 1:1 semua.

Usapkan pada kulit selama 2-5 menit hingga kering, lalu siram dengan air dingin untuk menghilangkannya.

  • Menghalau efek sinar matahari pada kulit

manfaat cuka apel dari sinar matahari (klikdokter)
klikdokter

Ketika kulit anda terbakar karena efek sinar matahari, dapat anda cegah dengan menggunakan cuka apel ini. Cuka apel ini pun dapat membantu anda mengobati kulit akibat radang, iritasi dan gatal.

Cara melakukannya sama seperti mengoleskan campuran cuka apel dan air pada kasus menghilangkan jerawat pada wajah.

  • Penyeimbang PH kulit wajah

Jika kulit anda berminyak, kering, kurang kencang itu berarti kulit wajah anda sedang mengalami pH yang tidak seimbang. Cuka apel dapat membantu pH kulit wajah anda kembali normal karena zat yang ada pada cuka apel hampir mirip dengan lapisan asam kulit wajah.

  • Mencegah kerutan

Mengoleskan cuka apel di pakai sebagai toner wajah setiap hari dapat membantu menghilangkan kerutan pada wajah anda. Membuat wajah anda kembali kencang dan awet muda seperti sedia kala.

  • Mengecilkan pori

manfaat cuka apel mengecilkan pori-pori

Kandungan AHA pada cuka apel dapat membantu kulit wajah menjadi cerah dan mempesona. Kandungan AHA ini dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga wajah terlihat halus. Pigmentasi kandungan AHA dapat menjadi kulit  menjadi lebih cerah

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *