penyebat kenapa laptop lemot

Penyebab Kenapa Laptop Lemot Tanpa Perlu Teknisi

Laptop Lemot – Dijaman yang serba teknologi saat ini siapa yang tidak mengenal yang namanya komputer maupun laptop, bahkan kecil yang masih TK pun sudah mengenal komputer / laptop dalam kesehariannya baik di rumah maupun di sekolah.

Perkembangan teknologi yang terus berkembang merubah arah perkembangan teknologi hardware yang dahulu hanya sebuah calculator menjadi komputer lalu menjadi laptop bahkan sekarang sudah menjadi laptop mini yang biasa kita namakan gadget/smartphone.

Banyak bertebaran macam – macam teknologi digital yang mempengaruhi perkembangan hadrware tersebut. Ada satu hal yang perlu dipertanyakan yaitu seiring perkembangan hardware teknologi itu ternyata masyarakat pada umumnya hanya dapat memakai hardware-hardware tersebut tanpa berpikir bagaimana cara merawatnya. Apalagi jika anda suka sekali dengan main game, mengoprek video, membuat aplikasi android dan lainnya Padahal perawatan bagi hardware seperti komputer maupun laptop tidak harus membutuhkan seorang teknisi untuk melakukannya, cukup dengan pengetahuan dasar perawatan komputer / laptop pun anda bisa melakukannya sendiri. Oleh karena itu kali ini kami akan memaparkan salah satu bentuk perawatan yang fokus ke laptop yaitu cara mengatasi laptop lemot di windows 10, dimana anda sendiri pun bisa melakukannya.

Laptop lemot mati total tapi lampu indikator nyala

Ketika suatu saat laptop anda mengalami sesuatu kejadian yang tidak anda duga, biasanya anda langsung panik dan tanpa pikir panjang dibawa ke klinik laptop. Padahal ternyata tanpa anda sadari kerusakan yang terjadi hanyalah kerusakan kecil yang anda sendiri pun bisa memperbaikinya. Namun ketika anda memiliki pengetahuan tentang dasar kerusakan laptop, anda tidak perlu panik, jika dirasa kerusakan parah dan membutuhkan teknisi baru anda bawa ke klinik laptop untuk diperbaiki.  Kasus laptop tiba-tiba mati tetapi lampu indikator masih menyala itu seakan membuat seseorang menjadi panik ketakutan, padahal hanyalah efek dari beberapa hal seperti :

  • RAM rusak

Ciri kerusakan jika RAM laptop mengalami kerusakan yaitu lampu indikator tetap berkedip-kedip, kipas masih nyala dan layar bisa nyala namun tidak dapat masuk ke sistem operasi. ketika hal ini terjadi anda bisa mengecek RAM laptop anda dengan cara buka RAM laptop kemudian bersihkan gigi-gigi RAM dengan memakai penghapus. Namun kalau RAM setelah dibersihkan dan ternyata masih sama, biasanya RAM mengalami kerusakan yang solusinya ganti RAM baru.

Jika ada laptop yang memakai RAM 2 biji, kemungkinan kerusakan tidak pada kedua RAM tersebut, biasanya hanya 1 RAM saja yang mengalami kerusakan. Kasus ini sering terjadi jika ada laptop dengan 2 pcs RAM dalam laptopnya, namun kedua RAM itu memiliki nilai Speed yang berbeda misalkan RAM ke-1 memiliki speed PC 1333 dan RAM ke-2 memiliki speed PC 12800. Kerusakan yang terjadi terkadang hanya 1 RAM saja yang mengalami aus dikarenakan perbedaan kecepatan RAM.

  • BIOS rusak

Kerusakan BIOS termasuk kerusakan yang memiliki tingkat lebih tinggi, biasanya jika laptop mengalami kerusakan pada BIOSnya laptop tidak akan merespon sama sekali, bahkan jika kerusakan BIOS parah laptop tidak akan bisa dinyalakan dan lampu indikator tidak berkedip.

Rusaknya BIOS biasanya disebabkan kerusakan pada salah satu komponen pada motherboard laptop itu sendiri. Untuk kerusakan yang satu ini anda tidak usah panik, cukup bawa saja laptop anda ke klinik laptop biar diperiksa oleh dokter laptop nya

  • Harddiks Rusak

Untuk gejala pada Harddisk yang mengalami kerusakan ini anda bisa deteksi dengan layar laptop berwarna hitam dan muncul tulisan pesan tertentu seperti “system not found”, “system failure…”. kerusakan pada harddisk tidak membuat laptop menjadi padam atau tidak menyala.

Jika terdeteksi harddiksk yang sedang bermasalah anda cukup ambil obeng, buka casing laptop (jika bisa karena casing laptop rentan pecah), cabut harddisk dan tancapkan kembali. Pertolongan pertama jika terdeteksi harddisk mengalami kerusakan karena harddisk kurang tertancap pada motherboad, ini sering terjadi jika laptop sering dibawa kemana-mana.

Seringnya laptop dipindah-pindah dapat membuat posisi harddisk menjadi tidak tepat alias kurang tertancap pada motherboard. Untuk kerusakan harddisk memang memiliki banyak variasi seperti system operasi rusak, bad sector, crash dan lain-lain. Tentang service harddisk akan kita paparkan pada kesempatan yang lain

  • VGA rusak

Kerusakan pada VGA itu  berarti berhubungan dengan grafis output pada laptop anda. Akibat dari VGA bermasalah ini terkadang terlihat layar laptop mati namun indikator power masih hidup. Satu hal yang pasti biasanya laptop tidak bisa dinyalakan, hal ini bisa disebabkan karena VGA anda bermasalah terutama pada bagian chipsetnya, mungkin juga prosesor anda yang sudah rusak.

Jaman sekarang laptop sudah menggabungkan VGA nya ke dalam motherboard, maka kerusakan seperti ini jarang terjadi. Jika anda mengalami kerusakan seperti ini harus dibawa ke spesialis hardware laptop bukan ke teknisi komputer biasa.

  • Baterai Habis

Untuk kerusakan baterai habis ini yang paling mudah dari ke empat kerusakan lainnya. Pasalnya kerusakan baterai habis ini tak lain hanyalah kelalaian dari anda sendiri selaku pemakai laptop. Banyak sekali masyarakat kita yang mereka tahu hanya beli laptop baru begitu saja tapi tidak tahu cara pemakaian laptop bagaimana, sehingga paling banyak kerusakan laptop itu adalah baterai menjadi drop. Yang seharusnya laptop dapat dipakai 4 jam tanpa listrik, menjadi berkurang hanya 1 jam bahkan setengah jam harus membutuhkan colokan listrik lagi.

Dari masalah inilah produsen-produsen laptop telah memberikan fitur untuk mencegah baterai habis sepenuhnya dengan membuat laptop tidak menyala. Jika dinyalakan dalam kondisi baterai habis, paling dapat hanya lampu indikator saja yang berkedip-kedip.

Cara perawatan baterai laptop biar awet mencegah dari BATERAI DROP yaitu dengan ketika anda melakukan pengisian laptop dengan mencolokkan ke listrik itu harus penuh 100%, jika suatu saat melakukan pengisian masih 60% dan laptop anda cabut maka ketika anda nanti memakai laptop harus dalam kondisi dicolokkan ke listrik untuk mencapai 100% yang tadi belum selesai. Ketika sudah 100% anda dapat mencopot aliran listrik tadi dan laptop siap dipakai tanpa harus colok ke listrik, itupun pemakaian harus sampai 5% dalam kondisi tidak tercolok listrik. Lakukan hal tersebut secara rutinitas dan dijamin baterai anda akan bebas dari BATERAI DROP.

Laptop lemot setelah instal ulang

laptop lemot setelah instal ulang

Sering kita menjumpai ketika anda beli laptop baru kemudian anda pakai terus dan tidak disangka barusan 1 bulan mungkin anda merasa laptop baru anda menjadi sedikit lebih lemot. Biasanya membuka 3 aplikasi sekaligus dapat dilakukan dengan mudah, namun sekarang menjadi lebih sulit karena laptop menjadi lemot sekali. Perlu anda ketahui bahwa laptop baru menjadi lemot itu paling sering disebabkan virus yang masuk kedalam laptop anda akibat seringnya anda menjelajah internet tanpa memakai antivirus, bahkan mungkin ada antivirus tapi anda tidak tahu cara update antivirus tersebut.

Ada pengalaman teman ketika laptopnya menjadi lemot dan di bawah ke klinik service, setelah di instal ulang oleh teknisinya malah laptop nya menjadi lebih lemot dari sebelumnya, bahkan sering terjadi hang pada laptopnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal :

  • Laptop tidak disupport sistem operasi

Kasus ini sering terjadi karena perbedaan bit hardware laptop dengan bit sistem operasi yang di instal. Misalkan laptop anda hanya support sistem operasi 32 bit, namun anda install sistem operasi 64 bit yang akhirnya laptop anda menjadi tidak kuat untuk meload sistem operasi 64 tersebut.

  • Virus masih ada

Kejadian ini karena virus bukan hanya bersarang di drive sistem yaitu drive C, namun ketika laptop sudah terkena virus maka akan menyebar ke semua perangkat drive baik drive C , D, E bahkan flashdiskpun jika masuk ke dalam laptop yang ada virus akan ikut terjangkit. Oleh karena itu sebelum menginstal ulang sistem operasi laptop ada baiknya seluruh harddisk di scan dulu di komputer/laptop lain. Setelah dilakukan scan seluruh drive baru silakan anda instal sistem operasi baru tersebut.

  • VGA driver belum di instal dengan benar

Jika driver VGA belum terinstal atau mungkin sudah terinstal namun driver tidak cocok, yang sering terjadi jika anda sedang melihat film/animasi yang bergerak akan terlihat tersendat-sendat saat menonton. Oleh karena itu instal driver VGA laptop anda sesuai dengan sistem operasi yang ada didalamnya.

  • Harddisk bermasalah

Harddisk yang mengalami masalah dapat membuat laptop anda menjadi lebih lemot, terlebih jika setelah diinstal ulang. Kenapa hal ini dapat terjadi?iya, karena prinsip kerja harddisk itu seperti sebuah lapisan – lapisan. Jika anda menginstal harddisk itu sama seperti memakai satu lapisan, jika anda menginstal ulang harddisk maka anda mengambil lapisan kedua dan begitu seterusnya.

Semakin sering harddisk di instal semakin berkurang lapisannya, yang berarti kemampuan harddisk juga berkurang dengan sendirinya. Oleh karena itu janganlah sering melakukan instal ulang setiap ada masalah, jadikan instal ulang sebagai solusi terakhir.

  • Motherboard laptop yang rusak

Kasus laptop menjadi lemot karena motherboard ini jarang sekali terjadi, karena motherboard yang bermasalah sering berakibat laptop menjadi tidak nyala. Jika suatu ketika laptop menjadi lemot dan anda sudah cek VGA, Harddisk maka kemungkinan besar laptop anda lemot karena motherboard anda yang bermasalah.

Terkadang keretakan pada motherboard laptop atau aus karena karat, bahkan BIOS yang mengalami crash bisa menjadikan laptop anda lebih lemot dari sebelumnya.

Laptop lemot saat tersambung internet

Siapa yang tidak suka browsing internet?tentunya semua orang sering sekali melakukan browsing ke internet, entah ingin mencari artikel, upload video dan lainnya. Tetapi jika suatu saat browsing dan tiba-tiba komputer / laptop anda menjadi lebih lemot jangan anda panik. Lakukan pencegahan dasar sebelum anda membawanya ke service centernya.

Berikut ini kami paparkan kenapa laptop menjadi lemot saat anda melakukan browsing internet :

sampah

  • Banyak file sampah browser

Ketika anda melakukan browsing ke internet maka secara otomatis browser yang anda pakai akan menyimpan data-data hasil browsing anda kedalam laptop. Fungsi browser menyimpan data tersebut ketika anda mau melakukan browsing untuk yang kedua kali di halaman yang sama cukup diambilkan dari cache tadi.

Hal inilah yang membuat file sampah dalam browser yang dapat membuat laptop anda menjadi berat kinerjanya. Lakukan penghapusan seminggu sekali cache,history anda browsing untuk mempercepat kinerja browser anda.

  • Banyak AddOns di browser

Add Ons pada browser memang sangat membantu kita untuk mempermudah kerja kita dalam browsing ke internet. Namun ketika terlalu banyak addons yang di instal dalam browser anda, justru kinerja laptop anda akan menjadi lebih berat dari sebelumnya.

  • Banyak aplikasi background

Aplikasi pada background sistem operasi dapat membuat kinerja laptop kamu menjadi berat. Hendaknya matikan aplikasi-aplikasi background yang tidak perlu untuk mengurangi beban laptop anda. Biasanya aplikasi background ini berjalan ketika anda melakukan instalasi dan aplikasi itu diletakkan dalam startup maupun service

  • Banyak multitasking

Ketika anda menyalakan komputer mungkin anda tidak sadar bahwa sebelumnya anda telah menyalakan banyak aplikasi di komputer. kemungkinan hanya anda minimize sehingga ketika anda menyalakan laptop kembali banyak aplikasi itu yang masih nyantol. Akibat dari inilah yang membuat kinerja laptop semakin berat.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *