sharing printer windows 7 dan windows 10

Cara sharing printer windows 7 dalam 10 menit

Pengertian Sharing Printer

Sharing printer merupakan salah satu wujud aplikasi dari jaringan komputer yang sangat diperlukan terutama dikalangan kantor. Hanya dengan menggunakan satu printer semua orang dapat melakukan printing dokumen langsung dari komputernya sendiri. Banyak kelebihan yang didapatkan dari sharing printer ini antara lain dapat mengurangi pengeluaran untuk pembelian peralatan. karena yang biasanya satu komputer satu printer, kini bisa dilakukan hanya dengan 1 printer untuk semua komputer.

Selain itu bisa menghemat waktu tanpa harus bolak-balik dalam melakukan pencetakan dokumen, sehingga semua karyawan dapat melakukan printing langsung dari komputernya masing-masing. Sharing printer itu sendiri bukan hanya dapat dilakukan lewat kabel saja, namun dapat dikoneksikan dengan Wifi yang ada. Oleh karena itu sharing printer di bagi menjadi 2 bagian berdasarkan media koneksi :

Sharing Printer Windows 7 dengan LAN

Untuk kali ini kami akan membagikan cara untuk sharing printer windows 7 dengan menggunakan kabel LAN.  Anda dapat melakukan sharing printer dengan menggunakan berbagai macam topologi jaringan seperti topologi jaringan star, topologi jaringan bus, maupun topologi jaringan ring. Metode sharing printer melalui kabel LAN ini sangat diperlukan terutama bagi anda pemilik usaha digital printing, fotocopy, bahkan perkantoran modern yang membutuhkan kecepatan dalam pekerjaan. Dengan sharing printing melalui kabel LAN ini para karyawan tidak perlu antri seperti antri beras hanya untuk mencetak dokumen kebutuhan mereka.

Langkah – langkah sharing printer melalui kabel jaringan LAN :

  • Install driver printer di computer yang dipakai sebagai computer utama / tempat printer di colokkan kabelnya

Silakan download driver printer di website resminya dan langsung instalasi driver tersebut, misalkan printer canon silakan download di https://id.canon/en/support, printer brother download di http://www.brother.com/apps/ , printer Epson di https://www.epson.co.id/Support/sl/s, dan lainnya.

Cek apakah driver sudah terinstal di klik start windows -> klik ‘Device and Printers’, jika telah muncul nama dari printer anda maka driver sudah terinstal

instal printer windows 7 dan windows 10

  • Setting IP Address dari computer utama

setting ip address sharing printer

Silakan buka halaman NETWORK CONNECTION seperti gambar diatas yang ditunjukkan dengan nomor 1

Pilih yang INTERNET PROTOCOL VERSION 4 (TCP/IP 4) -> klik tombol properties seperti yang ditunjuk no 3 dan no 4

Silakan setting IP Address dari Jaringan komputer

Misal : 192.168.10.100

setting ip address sharing printer

  • Setting sharing printer pada windows 7

Buka halaman device printer

klik start windows -> klik ‘Device and Printers’

  • Sharing printer

Klik kanan nama printer anda, pilih PRINTER PROPERTIES

Pada tab SHARING silakan Centang SHARE THIS PRINTER

Berikan nama printer sharing tersebut, nama ini akan muncul di jaringan LAN ketika client akan melakukan printer sharing

setting sharing printer

  • Koneksi komputer client ke sharing printer
  • Silakan setting IP Address client sama group dengan IP Address komputer utama
  • Silakan buka halaman DEVICE AND PRINTERS
  • Klik kanan area kosong di halaman itu, muncul menu dan klik ADD PRINTER

add device printer

  • Silakan pilih ADD NETWORK, WIRELESS OR BLUETOOTH PRINTER

Tombol ini maksudnya kita memilih install printer melalui network/jaringan LAN

  • Nama printer jaringan yang telah kita setting di atas akan muncul, silakan di klik tombol next dan biarkan proses instalasi berjalan dan printer siap digunakan

Sharing Printer Windows 7 dan  dengan WIFI

Sharing printer dengan menggunakan Wireless atau WIFI pada dasarnya settingan sama seperti sharing printer dengan menggunakan kabel LAN. Yang membedakan dari sharing printer dengan LAN dan sharing printer dengan wifi yaitu koneksi jaringan wifi harus anda setting terlebih dahulu. Setelah koneksi dengan wifi tersambung maka setting printer sharing sama persis seperti printer sharing menggunakan kabel LAN.

sharing printer wifi dan bluetooth

Perkembangan teknologi digital apalagi dalam dunia hardware printer membuat printer sharing bisa langsung digunakan tanpa harus menggunakan sebuah jaringan kabel maupun wifi. Printer jaman sekarang sudah memiliki fitur koneksi Wifi pada hardware printernya. Oleh karena itu jika anda ingin mencetak dokumen dengan laptop pun tinggal konekkan laptop anda dengan wifi printer. Bahkan proses mencetak dokumen pun dapat dilakukan cukup dengan menggunakan smartphone anda, Hebat bukan teknologi sekarang!

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *