convert web to apk android

Cara merubah web to apk android dengan phonegap

Web to apk android dengan phonegap – Sebuah website merupakan faktor utama penggerak roda usaha terutama yang bergerak dalam usaha online shop toko online. Sebuah online shop tentunya memiliki sebuah website bisa berupa web profile maupun sebuah toko online. Ada banyak cara dalam membuat sebuah toko online maupun web profile untuk sebuah usaha. Mulai dari memberikan nama olshop nya dengan nama yang unik dan cantik yang mudah di ingat oleh customer, membuat desain web profile / toko onlinenya menjadi menarik, sampai melakukan pemasaran dengan menggunakan internet marketing.

Bagi online shop yang memiliki banyak sekali customer tentunya ingin sekali memanjakan dan memudahkan sistem yang ada dalam online shop nya, sehingga customer semakin betah karena kemudahan yang diberikan oleh online shop tersebut. Salah satu bentuk kemudahan yang dapat di tawarkan oleh sebuah online shop yaitu website mereka dapat di akses langsung melalui smartphone customer-customernya. Kenapa menjadi sangat penting?, karena rata-rata customer online shop melakukan transaksi banyak melalui smartphone mereka.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memaparkan cara merubah web to apk sebuah online shop dengan menggunakan software phonegap. Baiklah langsung saja kami mulai langkah-langkah untuk merubah website online shop menjadi aplikasi apk android.

Untuk project kali ini kami ambil contoh dengan menggunakan salah satu web profile dari rasytech.com. website rasytech ini merupakan salah satu bentuk web profile yang memasarkan tentang produk jasa antara lain jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi smartphone seperti android dan IOS, jasa Jaringan Komputer dan SEO produk.

Pembuatan kode file html dan xml

Sebelum membuat apk anda harus memiliki file html yang berisi sedikit kode yang intinya ketika file html itu di buka akan mengarah ke website profile yang dituju. Berikut kode html yang diperlukan

Setelah membuat kode tersebut segera simpan dengan nama index.html. Jika anda lihat dalam kode tersebut terutama pada tag <body>  ada kode bukaweb(), itu merupakan function yang digunakan untuk membuka sebuah halaman web yang kita mau buka.

Pada dasarnya aplikasi apk yang kita buat ini menggunakan plugin yang namanya inappbrowser. Hal ini terlihat di kode salah satu file dengan extensi xml berikut ini.

Jika dilihat dari kode file xml diatas, ada beberapa kode yang memiliki fungsi penting yang membuat convert web to apk ini dapat berhasil antara lain :

<plugin name=”cordova-plugin-whitelist” spec=”1″ />, kode ini memiliki peranan untuk mengijinkan daftar list yang akan digunakan oleh sesuatu di luar aplikasi ini sendiri.

<plugin name=”cordova-plugin-inappbrowser” />, kode ini memiliki peranan untuk mengijinkan membuka sebuah web layaknya browser

<access origin=”*” />, kode ini memiliki peranan untuk mengontrol jaringan mana yang digunakan

<allow-intent href=”http://*/*” />, kode ini memiliki peranan untuk mengontrol URL mana yang diizinkan mengakses aplikasi ini.

Sebelum di convert menjadi file apk android, kedua file html dan xml ini harus di taruh dalam satu folder, kemudian lakukan compressing dengan extensi zip.

Convert file web to apk android

Setelah kedua file di compress dalam bentuk zip, silakan anda buka website phonegap untuk melakukan converter ke bentuk apk android. Halaman resmi phonegap https://build.phonegap.com/, syarat untuk bisa menggunakan phonegap dengan signup dengan menggunakan email yang nantinya akan dikirimi email notifikasi untuk mengaktifkan akun phonegap. Perlu diperhatikan bahwa phonegap menyediakan bagi free user untuk convert 1 file apk saja, namun anda bisa mengakalinya dengan setiap melakukan convert ke file apk dengan phonegap, simpan file aslinya dan anda bisa melakukan convert file apk yang lain.

Langkah convert web to apk android dengan phonegap :

Ketika anda sudah memiliki akun diphonegap bisa langsung melakukan login

dashboard phonegap

  • Masukkan file zip

File yang dicompress dalam zip segera upload ke phonegap melalui 2 langkah yaitu klik tombol choosefile (1) dan klik tombol upload(2)

upload file zip

  • Build to apk

Jika file sudah masuk anda bisa tekan tombol Build/rebuild all utk memulai proses convert to apk android

Uji coba aplikasi web to apk android

Ketika convert di phonegap berhasil tinggal anda melakukan ujicoba di smartphone anda dengan beberapa cara :

  • Tekan tombol install di dashboard phonegap, hal ini membuat file apk akan terdownload ke computer, anda bisa copy kan file apk itu ke smartphone anda
  • Scan QR Code yang ada di dashboard phonegap langsung dengan smartphone anda menggunakan aplikasi bawaan smartphone maupun aplikasi lain

Jika proses instalasi berhasil,maka ketika di klik icon aplikasi tersebut, maka akan terbukalah halaman web yang kita tuju di atas. Ketika halaman terbuka dan tidak tertutup itu artinya aplikasi yang anda buat sudah berhasil.

Sekian dulu paparan kami tentang bagaimana convert web to apk android menggunakan phonegap.

Please Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *